Rabu, 07 Desember 2011

McLaren Siapkan Mobil Sport Terbaru Rp 6,3 Miliar


TEMPO InteraktifLondon -Setelah berhasil menjajakan mobil sport versi jalan raya McLaren MP4-12C, produsen mobil super sport asal Inggris, McLaren, kini tengah mempersipakan varian anyar Mega Mac.
Mobil sport yang diklaim bakal menandingi mobil – yang saat ini disebut sebagai mobil tercepat di dunia – Bugatti Veyron Super Sport itu  rencananya diproduksi hanya 500 unit.

“Dijadwalkan bisa diluncurkan pada 2014,” tulis laman autocar.co.uk, mengutip pernyataan sumber di pabrikan itu, Sabtu, 14 Mei 2011.

Keunggulan yang ingin disuguhkan McLaren adalah, paduan antara mesin yang garang, lincah dalam bermanuver, serta memiliki fungsi yang tinggi sebagai kendaraan sehari-hari.  “Yang pasti, lebih gahar, lebih besar, dan lebih fungsional ketimbang McLaren MP4-12C,” kata sumber tersebut.

Klaim itu bisa dimaklumi. Pasalnya, mesin 5.000 cc V8 yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 799 bhp pada 7.500 rpm dan torsi 590 lb ft pada 3.500 – 6.800 rpm.  Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda dengan menggunakan peranti transmisi Graziano kopling ganda tujuh tingkat percepatan.

Ihwal akselerasi kecepatan dari 0 – 100 kilometer per jam (kpj), sumber itu mengaku hasil pengujian McLaren menunjukkan, akselerasi itu dicapai dalam tempo 2,8 detik. Sedangkan akselerasi dari 0 – 200 kpj dicapai dalam waktu 5,5 detik, dan 0 –  400 kpj dalam waktu 20 detik.

“Akselerasi dari 0 – 400 kpj itu lebih cepat dua detik dibanding Bugatti Veyron Super Sport yang mencapai 22 detik,” aku sumber tersebut.

Meski berbadan besar namun mobil itu memiliki bobot yang ringan. Hal itu berkat penggunaan bahan serat karbon monocell – seperti yang digunakan oleh McLaren MP4-12C - untuk bagian bodi.

Untuk menunjang kenyamanan, McLaren memasang peranti suspensi aluminium pushrod, peranti pencegah mobil terguling yaitu anti-roll hidrolik kontrol, peredam adaptif, serta peranti control traksi sistem lima tahap.

Menariknya, bila pengemudi ingin menggeber mobil itu di sirkuit balap maka peranti pengereman Antilock Brake System bisa dinonaktifkan. Sebaliknya, bila mobil digunakan di jalan raya perangkat bernama Satelite Navigation Link bakal mengaktifkannya kembali.

Namun, yang pasti, peranti pengereman karbon keramik dan brake steer menjadi peranti standar mobil tersebut.  Peranti itu dinilai cukup mumpuni untuk mengendalikan kecepatan Mega Mac.

Lantas berapa banderol harga mobil ini? Lagi-lagi, McLaren masih menutup rapat informasi. Tapi, sumber di pabrikan ini menyebut harga mobil itu berkisar 350 -  450 ribu poundsterling atau sekitar Rp 3,9 – 6,3 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar