Selasa, 06 Desember 2011

Fiat Mulai Diterpa Krisis Eropa




Krisis Eropa mulai menuai korban di industri otomotif. Salah satu perusahaan yang langsung merasakan akibatnya adalah Fiat asal Italia. Karena krisis tersebut, Fiat menunda investasi dan peluncuran model-model terbaru dalam waktu dekat.


Chief Executive Officer Fiat, Sergio Marchionne mengatakan, perusahaannya harus menunggu sampai kondisi menjadi lebih baik. "Ketidakpastian masa depan ekonomi Eropa memperlambat proses yang harus dijalankan Fiat, yaitu investasi dan ekspansi di Eropa," beber Marchionne yang dilansir Autonews (6/12).


Marchionne juga pesimis Uni Eropa (UE) bisa meningkatkan nilai tukar Euro pekan ini. "Ada kesempatan 50 lebih. Dalam satu sampai dua bulan ke depan, kami akan melihat Euro harus berjuang mengembalikan kredibilitasnya,” lanjutnya.


Pekan ini merupakan momen sangat penting bagi ekonomi Eropa. Perancis dan Jerman sedang berusaha mengubah anggaran untuk meningkatkan kepercayaan pasar dan menghindari krisis hutang menjadi lebih parah.


Fiat dengan lima pabriknya di Italia dinilai terus merugi. Untuk mengimbangi ekonomi Eropa yang memburuk, pemasukan positif dialihkan dengan mengandalkan Chrysler. Sementara itu, Chrysler juga punya beban hutang 7 miliar dollar AS untuk membayar dana talangan dari pemerintah AS dan Kanada akibat kebangkrutan pada 2008.


Saat mengakuisisi Chrysler, para analis menilai langkah Fiat tersebut akan menjadi bumerang. Pasalnya, Chrysler sudah tiga kali ganti pemilik dalam beberapa tahun saja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar