Rabu, 04 Januari 2012

Si Tangguh Yang Eksotik - Jeep Wrangler Sahara 4dr

Bosmobil.com - Banyaknya varian produk mobil CBU dari luar negeri yang menjamur di tanah air, nampaknya makin mengetatkan tali persaingan penjualan mobil-mobil built-up yang rata-rata memang menawarkan sebuah kemewahan dan memiliki nilai prestise tersediri di mata pengemarnya.

Salah satu brand ternama yang sejak dulu mendapatkan simpati besar dari sebagian pecita otomotif di dunia dan juga tanah air adalah Jeep. Produk jebolan Group Chryseler asal negeri Paman Sam ini memang bukan pertamkalinya mengaspal di dunia, sejak puluhan tahun lalu Jeep telah cukup memiliki nama besar yang akhirnya membuat Jeep tetap eksis hingga saat ini.

Berbeda dulu dan sekarang, bila dulu penggunaan Jeep lebih ke arah militer layaknya kendaraan perang dan pengangkut para prajurit yang memiliki sosok kendaraan tanguh di segala medan, maka di era ini Jeep lebih memilih untuk mengkhususkan diri menjadi kendaraan modern yang mewah dan nyaman namun tetap memegang teguh statusnya sebagai mobil tangguh dengan performa yang buas, oleh karena itu tak salah bila kendaraan yang langsung dikirim dari Amerika ini menjadi salah satu kendaraan mewah dengan status CBU-nya.

Salah satu produk Jeep yang kini tengah cukup booming adalah Jeep Wrangler Sahara, yang dikeluarkan dalam dua versi berbeda yaitu, two door dan four door. Tak ada perbedaan yang mencolok selain dimensi panjang dan juga jumlah pintu serta kapasitasnya antara dua varian tersebut. Walau telah beregenerasi sejak puluhan tahun lalu, namun ciri khas utamanya selalu tetap diutamakan pada bentuk desain depannya yang menggunakan lampu bulat dan bentuk grill yang terdiri dari beberapa kisi-kisi.
Namun jauh lebih modern karena bagian lampu utama telah menggunakan headlamp otomatis yang mampu memberikan visibilitas sempurna ketika berkendara di malam hari. Selain itu, bagian bodi juga tetap menggunakan perangkat roll bar yang kini tertutup dengan sunrider soft top dan dapat dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan.

Masuk kedalam interior, jangan harap anda akan mendapatkan perangkat seadanya layaknya mobil Jeep tua, namun mata anda akan disuguhi beragam fitur mewahan yang patut diacungi jempol. Perangkat elektrik mulai dari bagian panel, tombol fungsi dan juga audio terintegrasi dengan baik yang mengambarkan suatu kualitas kenyamanan yang modern.
Desain unik membulat dari panel spidometernya tetap memberikan suasana klasik yang berpadu dengan fitur modern. Sistem media center yang lengkap mulai dari pengaturan perangkat audio hingga bantuan navigasi juga turut disematkan yang menjadi suatu fitur standar diseluruh jajaran produk Jeep saat ini. Bahkan sisi ergonomis juga makin dikuatkan dengan adanya fingertrip control di bagian stiernya.

Jok nyaman yang tercipta guna memberikan pengalaman berkendara yang berebeda juga turut tercipta, namun sayag di posisi jok penumpang, ruas ruang yang ditawarkan cukup minim hingga penumpang dewasa harus sedikit rela menekuk kakinya dan duduk agak sedikit tegap.

Berbicara mengenai ketangguhan, sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sejak eranya higga saat ini, Jeep memang cukup terkenal dengan ketangguhan mesin dan kaki-kakinya yang mampu melahap segala medan. Mengusung mesin V6 dengan kapasitas 3.8 cc dan dilengkapi teknologi Direct Injection juga Common Rail yang terintgrasi dengan transimisi otomatis 5 percepatan membuatnya cukup memiliki tenaga yang tangguh.
Bagian kaki-kaki di bagian depan dan belakangnya jugatak kalah mempuni dengan beragam perangkat pendukung seperti Live axle, leading arms, track bar, coil springs, stabiliser bar, High-pressure gas-charged dan shock absorbers.

Hmm ... tak dapat diragukan lagi bila bicara mengenai produk Jeep mengenai ketangguhannya bukan ...

teks/foto : Stanly
Thnx To : RHYS Auto Gallery, Jl. Radio Dalam - Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar